Tentang SPJD

SPJD atau Simpul Penyelenggaraan Jalan Daerah adalah platform online yang menyediakan kumpulan pengetahuan tentang penyelenggaraan jalan daerah yang telah diuji dalam Program Peningkatan Kinerja dan Pemeliharaan Jalan Provinsi atau PRIM, di Provinsi NTB. SPJD menyediakan akses selama 24 jam ke dokumen cetak, audio dan video. Tersedia juga perangkat analisa kebutuhan pelatihan secara mandiri.

SPJD dibuat untuk mendukung pelaksanaan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD), sebuah program yang merupakan strategi pembinaan tata kelola jalan daerah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tujuan PHJD adalah untuk meningkatkan kualitas belanja infrastruktur jalan daerah.

PHJD dicanangkan akan dilaksanakan di seluruh provinsi dan kabupaten di Indonesia dengan mengacu pada metodologi yang sudah teruji dan berhasil dilaksanakan di Lombok Barat (NTB), melalui Program PRIM. Dampak positif dari program percontohan ini mendorong Pemerintah Pusat untuk mengimplementasikan mekanisme pendanaan berbasis kinerja di seluruh provinsi di Indonesia, melalui PHJD.

Tujuan SPJD

  1. Memperkuat standar dan kapasitas kelembagaan untuk pemeliharaan jaringan jalan di provinsi dan kabupaten, secara lebih baik.
  2. Menyediakan pengetahuan yang telah diuji di NTB, untuk semua penyelenggara jalan daerah sehingga mereka dapat mengimplementasikannya sesuai kebutuhan di daerah.

Apa Manfaat SPJD?

  1. Mempercepat adopsi pengetahuan dari Program PRIM SPJD menyediakan informasi yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Orang dapat mempelajari praktik cerdas kapanpun mereka mau . Forum diskusi juga memungkinkan mereka untuk mempelajari cara menangani tantangan-tantangan nyata dari para pakar atau rekan mereka yang telah mengalami tantangan yang sama.
  2. Memfasilitasi analisa kebutuhan pelatihan secara mandiri SPJD menyediakan perangkat analisa kebutuhan pelatihan mandiri yang membantu menentukan topik-topik pelatihan sesuai kebutuhan
  3. Membangun jaringan antar praktisi
  4. Satu tempat untuk semua informasi, Orang dapat mengakses semua informasi terkait penyelenggaraan jalan seperti praktik cerdas, pelajaran yang dipetik, kebijakan, peraturan, tren baru, manual, modul pelatihan, peristiwa, dan lainnya, hanya dengan mengakses satu sumber informasi.
  5. Kapan saja, di mana saja, melalui perangkat apa saja SPJD dapat diakses dari mana saja dan melalui perangkat apa saja oleh siapa pun yang memliki akses ke koneksi internet. Ini artinya, SPJD dapat melayani para pemangku kepentingan dalam jumlah tak terhitung
  6. Beragam pengguna pada saat bersamaan Informasi di SPJD dapat diakses oleh beragam pengguna pada saat yang sama. Fitur ini sangat penting karena informasi yang diunggah disediakan bagi semua pemangku kepentingan pada tingkat nasional dan daerah di seluruh Indonesia.
  7. Memetakan pihak-pihak yang berkepentingan SPJD akan membantu mengidentifikasi pihak-pihak yang berkepentingan pada permasalahan terkait penyelenggaraan jalan dengan cara menganalis siapa pengguna paling sering, provinsi/kabupaten asal mereka, seberapa sering mereka mengakses SPJD, jenis informasi yang mereka cari dan sebagainya.

Konten SPJD

SPJD akan memuat praktik cerdas Program PRIM, modul pelatihan, manual, kebijakan dan peraturan, isu-isu lintas sektoral, studi kasus dan forum diskusi.

Fitur SPJD:

  1. Perangkat analisa kebutuhan pelatihan secara mandiri Perangkat ini memungkinkan pengguna melakukan analisa mandiri terhadap kebutuhan pelatihannya.
  2. Forum Diskusi Suatu situs diskusi daring (online) di mana orang dapat melakukan pembicaraan dalam bentuk pesan yang diposting.
  3. Peringatan/Notifikasi Setiap kali ada informasi baru yang diunggah, notifikasi akan dikirim kepada pengguna.